My Daily Learning

Space … the final frontier …

Midnight Commander on MacOS X

Posted by A.D Setiawan pada September 15, 2010

Beberapa minggu ini saya menggunakan MacPort untuk menikmati berbagai aplikasi opensource di komputer mac saya. Nah, saya terbiasa menggunakan midnight commander untuk mengeksplorasi file-file saya di komputer linux yang biasa saya gunakan. Lalu dengan menggunakan MacPort, instalasi midnight commander sangatlah mudah. Saya melihat bahwa MacPort ini, pengelolaan aplikasinya mirip apt nya GNU/Linux Debian, distro linux kesayangan saya.

Nah untuk melakukan instalasi ketikan perintah sebagai berikut di terminal (saya lebih suka menggunakan terminal daripada iTerm untuk saat ini, karena belum mengeksplorasi iTerm):

$ sudo port install mc <enter>

Masukan password yang diminta dan instalasi midnight commander didahului dengan instalasi aplikasi yang terkait (dependency). Pastikan Anda terhubung ke internet, karena MacPort akan mengunduh semua file yang diperlukan untuk melakukan instalasi. Setelah semua aplikasi terpasang, anada dapat memanggil midnight commander dengan perintah seperti biasanya.

Voala ….. Anda akan mendapati midnigt commander di komputer mac Anda.

Nah masalah yang saya temui kemudian adalah: bagaimana melakukan pemanggilan function key F1 hingga F10? Hueheheh, karena kalau saya tekan tombol F9 misalnya, ternyata expose yang dijalankan (default configuration di mac). Solusinya adalah kita dapat menggunakan kombinasi tombol [esc] dan angka. Dengan demikian untuk memanggil F1, Anda dapat menggunakan kombinasi [esc]+0, sedangkan untuk F2 kombinasinya adalah [esc]+2, dan seterusnya hingga [esc]+0 untuk F10. Anda dapat juga menggunakan mouse jika menggunakan iTerm versi 0.8.2 ke atas.

Silakan mencoba 😀

Tinggalkan Balasan

 
