My Daily Learning

Space … the final frontier …

Menyiapkan SD Card Raspberry di MacOSX

Posted by A.D Setiawan pada Maret 12, 2015

Di post ini, saya mengasumsikan Anda sudah mendownload image OS untuk mesin Raspi Anda. Kebetulan saya memilih Raspbian untuk OS Raspi saya. Image Raspbian yang saya gunakan adalah 2015-02-16-raspbian-wheezy.img. Saya menggunakan Macbook Pro 2013 Retina. Ada slot SD card di sebelah kanan. Sebelumnya, masukan SD card ke slotnya, lalu buka aplikasi Disk Utility.

MacSDC

Selanjutnya erase SD card menggunakan format FAT32 menggunakan aplikasi tersebut. Silakan tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.

SDErase

Setelah proses penghapusan selesai, akan terbentuk sebuah partisi, selanjutnya pilh partisi tersebut dan klik kanan. Akan muncul beberapa menu, pilihlah menu unmount untuk meng-unmount. Jangan dieject, karena harus memulai dari awal lagi.

SDUnmount

Langkah berikutnya adalah mengetahui BSD name dari device SD card yang kita gunakan. Untuk itu kita dapat membuka “About This Mac” dari logo Apple di sebelah kiri atas.

AboutMac

Berikutnya, kita buka System Report dengan menekan tombol “System Report” di bagian bawah dialog di atas, atau “More Info” pada MacOSX 10.8. Pada window tersebut, pilihkan “Card Reader” dan bisa kita dapati informasi mengenai BSD Name yang perlu kita ketahui. BSD Name akan memiliki format “diskN’, dengan adalah bilangan integer. Sebagai contoh di sini adalah disk2.

MacInfo

Setelah mengetahui BSD Name, kita buka terminal kita. Lalu masuklah ke folder dimana file image Raspbian berada. Selanjutnya ketikan perintah berikut :

$ sudo dd bs=1m if=2015-02-16-raspbian-wheezy.img of=/dev/disk2

Jangan lupa, nama devicenya harus sesuai dengan BSD Name, dalam contoh ini adalah /dev/disk2. Silakan tunggu beberapa saat hingga penulisan image ke SD card selesai. Eject SD card dan pindahkan ke mesin raspi Anda, dan Anda siap bermain-main dengan mesin raspi.

Apakah Anda orang sering membuka aplikasi terminal? karena Anda menyukai command line. Ada cara untuk melakukan hal di atas menggunakan comman line. Bukalah terminal Anda, lalu ketikkan peintah berikut :

$ diskutil list

Anda akan mendapati hasil sebagai berikut :

diskutil_list

Anda dapat melihat bahwa device SD card adalah /dev/disk2. Lalu unmount partisi SD card dengan perintah berikut (ingat device SD card pada contoh ini adalah /dev/disk2, gantilah /dev/disk2 sesuai dengan hasil dari diskutil list).

$ diskutil unmount /dev/disk2

Selanjutnya tulislah image raspbian ke SD card:

$ sudo dd bs=1m if=2015-02-16-raspbian-wheezy.img of=/dev/disk2

Jika Anda mendapati kesalah berikut : “dd: invalid number ‘1m’, gantilah “1m” menjadi “1M”. Kesalahan ini muncul bila anda sudah menginstall GNU coreutils. Berikanlah perintah sebagai berikut:

$ sudo dd bs=1M if=2015-02-16-raspbian-wheezy.img of=/dev/disk2

Silakan tunggu beberapa saat hingga penulisan image ke SD card selesai. Eject SD card dan pindahkan ke mesin raspi Anda, dan Anda siap bermain-main dengan mesin raspi. Selamat mencoba 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: